Sunday, March 5, 2017

Terus Berlatih

Bunda Sayang#2

Berlatih Mandiri : Fatih Makan Sendiri, Ayesha Membuang Sampah#4

Hingga hari ini, latihan kemandirian Fatih dan Ayesha terus berlangsung.  Meski belum maksimal tetapi sudah memperlihatkan kemajuan yang berarti.  Melatih kemandirian anak usia dini memang dibutuhkan kesabaran dan disiplin, serta waktu yang tidak instan karena itu saya berusaha tetap menikmati prosesnya.

Aktivitas Fatih makan seharian ini belum sepenuhnya dilakukan sendiri, masih disuap entah karena malas makan atau karena menu yang tersedia tidak membuatnya berselera.  Tetapi saat ngemil biskuit Fatih memegang dan menyuap sendiri serta makan dengan lahap.

Ayesha....ada kejadian yang unik hari ini terkait dengan latihan kemandiriannya Membuang Sampah.  Melihat Fatih ngemil biskuit, Ayesha pun meminta ke Ayahnya tetapi luput dari perhatian ternyata Ayesha menghancurkan biskuit menjadi remah-remahnya berserakan di kasur dan sesekali Ayesha memakan remahan biskuit tersebut.  Begitu terlihat oleh Ayahnya, spontan mengambil wadah dan membersihkan remahan biskuit yang ada di kasur.  Ayesha pun mengikuti Ayahnya dengan "menyapu" remahan biskuit dengan tangannya.  Melihat kejadian ini, saya berpikir bahwa Ayesha sedang meneladani Ayahnya membersihkan remahan biskuit yang bila dikaitkan dengan latihan kemandirian, Ayesha belajar membuang sampah pada tempatnya (sebenarnya remah biskuit bukan sampah tapi berserakan di kasur dikhawatirkan mengundang semut).

Banyak kejadian yang terjadi sehari-hari bila diamati sebenarnya menjadi proses belajar bagi anak-anak.  Misalnya dengan mencontoh orang di sekitarnya beraktivitas yang terkadang kurang disadari memberi pengaruh terhadap kemandirian anak.  Oleh karena itu sebelum mengajarkan dan melatih anak usia dini suatu kemandirian, berilah teladan tentang kemandirian itu sendiri sehari-hari.

#Day11
#Level2
#KuliahBundSayIIP
#MelatihKemandirian
 

0 comments:

Post a Comment

 

Petualangan Fatih dan Ayesha Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates